Selasa, 16 September 2014

Hukum Kepegawaian




            Unsur-Unsur Pegawai Negeri Sipil :
1.      Warga Negara Indonesia
2.      Memenuhi Syarat
3.      Diangkat
4.       Pejabat yang berwenang
5.      Diserahi tugas Negara
6.      Suatu jabatan Negara
7.      Menjalankan Tugas Negara
8.      Menerima gaji
9.      Sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Penjelasan :

1.      Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang diakui oleh UU sebagai warga negara Republik Indonesia. Sedangkan Pegawai Negeri adalah setiap warga negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.      Setiap pegawai negeri sipil harus memenihi syarat formal yang telah ditentukan oleh Undang-undang sebelum diangkat menjadi pegawai negeri sipil.

3.      Diangkat menjadi pegawai negeri sipil atas kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak lain.

4.       Pejabat yang berwenang adalah pejabat yang mempunyai kewenangan mengangkat, memindahkan, dan memberhentikan Pegawai Negeri berdasarkan peraturan perundangundangan yang berlaku.

5.      Setiap pegawai negeri sipil menajalankan tugas Negara yang dibebankan olehnya sesuai dengan pangkat dan golongan.

6.      Pegawai negeri sipil merupakan suatu jabatan Negara yang memiliki tugas menjalankan tugas Negara.

7.      Setiap pegawai negeri sipil menjalankan tugas Negara tambahan diluar tugas pokok yang ia jalankan untuknya.

8.      Setiap Pegawai Negeri berhak memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaan dan tanggungjawabnya. Gaji yang diterima oleh Pegawai Negei harus mampu memacu produktivitas dan menjamin kesejahteraannya. Gaji Pegawai Negeri yang adil dan layak sebagaimana ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

9.      Setiap pegawai negeri sipil diangkat menjadi pegawai negeri sipil harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan tidak melanggar asusila serta beriktikad baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar